MELAKSANAKAN GAYA HIDUP SEHAT DENGAN FITNESS MELIBATKAN TIGA ELEMEN PENTING, YAITU OLAH RAGA TERATUR, NUTRISI TERATUR, DAN ISTIRAHAT YANG TERATUR. KETIGANYA TIDAK DAPAT DIPISAHKAN SATU SAMA LAINNYA.

Senin, 24 Oktober 2011

Masakan Sehat Untuk Otot

Mengetahui bagaimana cara mengolah makanan adalah satu faktor penting untuk mendapatkan makanan yang lezat, rendah kalori, dan sehat. Hal lain yang akan kita dapatkan dengan mengolah makanan dengan benar adalah factor kebersihan (steril), tahu bagaimana membersihkan makanan dengan benar sebelum memasaknya adalah satu factor penting lainnya.
Untuk fitnesmania berikut adalah berbagai cara tips untuk memilih, mengolah, dan variasi resep dada ayam, daging sapi, dan kentang. Selamat mencoba.


Dada Ayam

Memasak dada ayam mungkin sudah jadi kegiatan fitnesmania sehari-hari, tapi apakah masih sering mengalami dada ayam yang dimasak menjadi kering dan kurang sedap dikonsumsi?
Selain ada beberapa cara trik memasak untuk menghindari hal diatas, hal penting lainnya adalah memiliki dada ayam yang segar. Pilihlah dada ayam yang warnanya segar dan tidak berbau. Cuci bersih dada ayam dan buang lemak-lemak yang menempel sebelum dimasak.

Tumis dada ayam (untuk 1 dada ayam)
-          Campur dalam mangkuk 1 siung bawang putih iris kasar, ½ bawang Bombay ukuran kecil, iris kasar, bumbu-bumbu kering sesuai selera (thyme, basil, oregano), air jeruk lemon (sesuai selera), dan merica (sesuai selera).
-          Lumuri dada ayam yang sudah dibersihkan dengan bumbu diatas, masukkan dalam wadah tertutup, simpan dalam lemari pendingin selama 1 jam
-          Panaskan wajan anti panas dengan cooking spray
-          Pisahkan ayam dari bumbu-bumbu, taruh dalam wajan dengan api sedang. Tutup wajan, diamkan 5 menit, balik ayam tutup kembali wajan selama 5 menit, angkat.

Dada ayam panggang
-          Dengan menggunakan dada ayam yang sudah di bumbui seperti diatas kita dapat juga mengolahnya dengan dipanggang, bukan ditumis
-          Panaskan oven
-          Siapkan wadah yang bisa dimasak, masukkan 2 daun seledri diiris tipis, 1 bawang Bombay ukuran sedang iris kasar, 1 wortel ukuran sedang iris kasar, 3 siung bawang putih iris kasar, tuang sedikit air.
-          Masukkan wadah selama 5 menit sampai panas, lalu masukkan dada ayam, tutup wadah dengan alumunium foil, masak selama 7-10 menit sampai ayam matang, angkat, siap dihidangkan.

Putih Telur

Bagaimana memilih telur yang segar:
-          Perhatikan tanggal kadaluarsa. Selalu cek kapan tanggal kadaluarsa telur yang kita beli, jika tidak jelas atau tidak ada tanggal kadaluarsanya sebaiknya jangan dibeli, kecuali jika kita membeli di tempat yang menjual telur segar (biasanya dijual per kilo tanpa kemasan)
-          Simpan telur dalam lemari pendingin agar tidak mudah rusak dan tahan lebih lama
-          Cucilah tangan sebelum membuka telur

Memisahkan Putih Telur dari Kuningnya
-          Gunakan sendok khusus untuk memisahkan kuning telur
-          Pecahkan telur dan tuang di mangkuk, angkat kuning telur dengan menggunakan sendok dengan ujung lebar (bulat)
-          Sebaiknya tidak memisahkan kuning telur dengan cara memisahkan dengan kulitnya atau membuat lubang pada kulit teur dan mengeluarkan putih telur melalui lubang sebab dikhawatirkan kuman pada kulit telur akan terbawa.

Membuat telur rebus
Beberapa keluhan yang sering kita dengan biasanya antara lain adalah telur rebus yang sulit dikupas karena putih telur menempel pada kulit atau telur pecah sehingga kuning telur pecah dan menyebar ke putih telur.
-          Tuang air dingin pada panci cukup banyak agar seluruh telur yang akan direbus terendam dengan baik
-          Jangan merebus terlalu banyak telur dalam 1 panci agar tidak ada telur yang menumpuk
-          Masak telur sampai air mendidih, kemudian kecilkan api tunggu sampai air beriak kecil, masak 12-15 menit tergantung ukuran telur, angkat
-          Pisahkan telur dari air, rendam telur dengan air dingin, kupas telur

Membuat telur orak arik
Sebaiknya gunakan cooking spray untuk memasak telur.
-          Pecahkan telur pada mangkuk (5 putih telur, 1 kuning telur)
-          Tambahkan merica sesuai selera
-          Kocok telur sampai tercampur rata
-          Panaskan cooking spray pada wajan datar anti lengket, masukkan telur, aduk terus telur selama dimasak sampai kematangan yang diinginkan, angkat
-          Jangan biarkan telur tidak diaduk agar tekstur telur lembut kematangannya merata
-          Gunakan api kecil/sedang

Membuat Telur Dadar Isi
Telur ini mirip telur dadar biasa namun biasa diisi dengan sayuran, paprika, dll sesuai selera.
-          Potong-potong halus bahan isi, seperti paprika, tomat, jamur, dll.
-          Pecahkan telur pada mangkuk (5 putih telur, 1 kuning telur), aduk sedikit
-          Panaskan cooking spray pada wajan datar anti lengket dengan api sedang, masukkan isi, masak sebentar sambil diaduk
-          Masukkan telur, ratakan isi pada seluruh bagian telur, masak sampai kematangan diinginkan, angkat.

Daging Sapi Cincang

Biasanya daging sapi paling sering dimasak steak atau diiris tipis dan ditumis dengan berbagai bumbu. Sebagai variasi fitnesmania bisa menggunakan daging sapi cincang. Saat membeli daging sapi cincang pilihlah yang tanpa lemak, atau bisa juga menghaluskan daging sendiri di rumah. Kelezatan daging sapi cincang sangat tergantung dari kesegarannya, jadi saat membeli perhatikan warnanya apakah masih segar, dan jika baunya kurang sedang berarti daging kurang segar. Sebaiknya beli daging dan langsung diolah, daging cincang tidak bisa terlalu lama disimpan dalam kulkas (maksimal 2 hari).

Daging cincang saus tomat
-          Lumuri 1 kg daging cincang dengan merica secukupnya
-          Potong kasar 1 buah bawang Bombay ukuran sedang dan 5 siung bawang putih
-          Panaskan wajan anti lengket dengan cooking spray, masak bawang putih dan bawang Bombay sambil terus diaduk dengan api kecil/sedang. Masak sampai wangi tapi jangan terlalu matang (gosong)
-          Segera masukkan daging sedikit demi sedikit agar tidak saling menempel dan dapat masak dengan merata
-          Masak daging sambil terus diaduk selama kurang lebih 5 menit, daging masih berwarna coklat muda kemerahan, angkat.

Saus tomat
-          Ambil 3 tomat merah, pilih yang ukuran besar atau sedang dan matang
-          Buang bagian ujungnya dengan ujung pisau, lalu iris kulitnya agar tidak pecah saat direbus
-          Masak air dalam panci sampai mendidih. Siapkan mangkuk dengan air dingin
-          Gunakan sendok panjang, masukkan tomat satu per satu selama 20 detik, angkat, masukkan ke mangkuk air dingin.
-          Tarik kulitnya, lalu potong dadu
-          Potong dadu 1 buah bawang Bombay ukuran sedang dan iris kasar 2 siung bawang putih, campur dengan tomat
-          Campur dalam tempat terpisah 3 sendok makan extra virgin olive oil, 1 batang daun seledri yang sudah diiris tipis, aduk rata, campur dengan semua bahan saus, diamkan selama 30 menit.

Penyelesaian
Panaskan wajan anti lengket dengan cooking spray, masukkan daging, lalu tuang saus tomat, masak sambil sesekali diaduk selama 3-5 menit dengan api sedang, angkat, siap dimakan.
Selain dengan saus tomat, fitnesmania juga bisa membuat variasi saus sendiri sesuai selera. Daging dapat dikonsumsi langsung atau dijadikan sebagai lauk dan dikonsumsi dengan nasi merah.

Hamburger
Mudah sekali mengolah daging cincang menjadi hamburger. Hamburger dapat dikonsumsi menjadi isi roti gandum, dimakan sendiri sebagai bekal, dll.
-          Lumuri 1 kg daging cincang dengan merica sesuai selera
-          Cincang kasar 1 bawang Bombay ukuran sedang, masukkan ke dalam daging cincang, aduk rata
-          Masukkan ½ sendok teh bubuk thyme, bubuk sage, dan bubuk merica hitam, campur rata pada daging
-          Bagi daging dalam bulatan-bulatan sedang, lalu ratakan datar (bentuk hamburger)
-          Panaskan wajan anti lengket dengan cooking spray, masak hamburger sambil di balik-balik sampai matang.

Kentang

Pilihlah kentang yang segar dan tidak mulus kulitnya. Simpan kentang di tempat kering dan sejuk (tidak perlu di kulkas) tanpa dicuci atau dibungkus. Baru cuci kentang saat kita akan memasaknya. Jangan konsumsi kentang apabila berwarna kehijauan di bagian dalam saat dipotong.

Membuat kentang rebus
-          Bersihkan kulit kentang dengan air dingin, jangan mencuci saat kentang sudah dikupas atau dipotong sebab akan membuang banyak kandungan nutrisi di dalamnya.
-          Masukkan kentang pada panci dengan cukup air untuk merendam seluruh bagian kentang
-          Masak sampai air mendidih dan kentang matang (sekitar 20-45 menit tergantung ukuran kentang).
-          Angkat kentang, biarkan air turun, kupas kentang, siap dihidangkan

Membuat kentang panggang
-          Bersihkan kentang seperti diatas, tusuk-tusuk kentang dengan garpu beberapa kali untuk menghindari kentang pecah saat dimasak, bungkus dengan alumunium foil, taruh di nampan untuk memanggang
-          Panaskan oven, masukkan kentang, panggang selama 45-60 menit, angkat.

Membuat kentang orak arik
-          Ambil 3 kentang rebus ukuran sedang, kupas kulitnya, potong-potong dadu
-          Iris kasar 1 buah bawang Bombay ukuran sedang
-          Iris kasar 5 siung bawang putting
-          Potong dadu 1 buah paprika ukuran sedang
-          Panaskan wajan anti lengket dengan cooking spray, masukkan bawang putih, bawang Bombay, dan paprika, tambahkan sedikit merica sesuai selera
-          Setelah matang dan wangi, masukkan kentang. Anda bisa memasukkan bumbu yang disukai sesuai selera seperti bubuk cabai, bubuk kari, dll sesuai selera
Masak sampai kentang berwarna kecoklatan, kecilkan api, diamkan selama kurang lebih 10 menit sambil sesekali diaduk, angkat.


Referensi : Kenny Amelia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar